Kamis, 01 Januari 2015

HARAPAN KEDEPAN MENJADI MAHASISWA



HARAPAN KEDEPAN MENJADI MAHASISWA
Apa yang terlintas dibenakku ketika aku mendengar kata”mahasiswa”, mungkin status yang disandang seseorang ketika ia menjalani pendidikan formal pada sebuah perguruan tinggi. Ternyata dibalik statusnya itu, masih banyak sekali peranan seorang yang menyandang status mahasiswa untuk menunjukkan peranannya pada kehidupan masyarakat terlebih lagi pada tingkat kehidupan berbangsa dan bernegara utamanya ikut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.
Seperti saya yang sekarang memilih untuk melanjutkan studi saya ke salah satu Perguruan Tinggi Negeri, sebuah universitas yang melahirkan tenaga kependidikan yaitu UNRAM, jurusan bahasa dan sastra  Indonesia. Dengan melanjutkan studi ke perguruan tinggi, saya sudah resmi menjadi seorang mahasiswa. Namun apa yang bisa saya lakukan untuk membangun dan memajukan kampungku, umumnnya  negeri ini kedepanya???. Mahasiswa merupakan salah satu generasi penerus bangsa Indonesia. Kalau bukan kita, siapa lagi yang memajukan bangsa ini. Apakah kita harus terus bertahan di bawah kemiskinan??? Di dalam jurusan bahasa dan sastra Indonesia yang saya jalani. secara umum dipelajari empat keterampilan berbahasa seperti: menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Terlihat mudah memang, semua orang pasti bisa melakukannya. Tapi nyatanya, banyak juga yang masih kurang paham. Menyimak, mungkin terdengar mudah. Bahkan dalam sehari-hari kita juga pasti  menyimak suatu pembicaraan. Tetapi menyimak dengan tepat, artinya benar-benar dapat menangkap apa yang dibicarakan hingga dapat menceritakan kembali, ternyata tidak mudah. Diperlukan ketelitian, kecepatan otak dalam menangkap apa yang didengar, bahkan diperlukan kemampuan mendengar yang baik. Itu semua yang dipelajari selama mempelajari mata kuliah menyimak. Dan harapan saya yaitu semoga saya dan kami semua bisa lebih baik dari sebelumnya.
Berbicara, pada mata kuliah ini mahasiswa dituntut untuk mampu berbicara di depan umum. Kalau saya bilang, mata kuliah ini sangat menarik. Membaca, mungkin terkesan mudah. Tapi membaca dengan cepat, tepat, dan efektif tidaklah mudah, Menulis, kalau yang ini mungkin memang diakui bahwa tidak semua orang bisa melakukannya.harapan saya kedepan yaitu semoga bisa mempraktekan di lingkungan kampung khusunya dan umumnya bangsa apa yang saya dapatkan di bangku kuliah sebagai mahasiswa. Saya berhaap bisa menjadi seorang jurnalis nantinya dan bagaiamana cara berpidato yang santun, cara menjadi MC. Pokonya masih banyak deh harapan saya kedepan sebagai mahasiswa. Tidak hanya untuk diri pribadi tetapi juga harapan untuk melakukan suatu perubahan ke arah yang lebih baik kedepannya bagi bangsa Indonesia tercinta. Dan saya akan memualinya dari hal yang paling sederhana dan kecil. Saya yakin sedikit demi sedikit pasti akan menjadi bukit. Fighting……….
Semua hal dimulai dari hal kecil, dari hal yang kecil-kecil tersebut bisa memberikan dampak atau pengaruh yang besar dan luas. Kegiatan  yang ada pada beberapa bagian aktivitas para mahasiswa senantiasa dihabiskan dengan hanya belajar dikelas, menerima dan mengerjakan tugas dan bermain. Begitulah pemandangan suram yang sering kita lihat dalam dunia kampus. Barangkali, apabila karena faktor internal (karena mahasiswa itu sendiri) maka bisa kita maklumi. Akan tetapi apabila hal ini karena akibat sistem yang membuat mereka seperti itu dalam kehidupan kampus, maka bukan waktunya lagi mahasiswa untuk diam dan jalan ditempat.
Perlu kita ingat bahwa saat ini kita mengalami ketertinggalan dalam dunia pendidikan dibanding negara lainnya. Belajar merupakan kewajiban kita sebagai seorang mahasiswa untuk menghasilkan mahasiswa yang cerdas dan memiliki SDM yang berkualitas. Namun tentunya tidak hanya belajar dalam artian mendapat ilmu sebanyak-banyaknya sebagai langkah dalam ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal yang perlu lakukan yaitu bagaimana menggunakan ilmu yang kita punya itu untuk berguna bagi orang banyak.
Hal ini harus senantiasa terus terjaga di dalam hati mahasiswa Indonesia khususnya mahasiswa unram dan khusunya saya pribadi. Apabila peran ini bisa dijadikan sebagai sebuah pegangan bagi seluruh mahasiswa Indonesia dan Kita Khususnya , roh perubahan itu tetap akan bisa terus bersemayam dalam diri seluruh mahasiswa Indonesia. Jadi lakukan apa kita bisa lakukan untuk bangsa ini, terutama ikut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar