Kamis, 01 Januari 2015

Ratna Yulida Ashriany,M.Hum siapa yang tidak kenal dengannya Seorang dosen sekaligus motivator untuk kita mahasiswa BASTRINDO.



Ratna Yulida Ashriany,M.Hum siapa yang tidak kenal dengannya
Seorang dosen sekaligus motivator untuk kita mahasiswa BASTRINDO.
            Ratna Yulida Ashriany,M.Hum biasa di sapa dengan Ibu ratna adalah salah seorang dosen yang sangat cantik, Pintar, Sederhana,Rendah hati,  Santun, dan  Inspiratif. Mungkin itu kata yang bisa digunakan untuk menggambarkan seorang Ratna Yulida Ashriany,M.Hum dalam pandangan orang-orang khususnya saya pribadi. Kali ini, saya ingin menuliskan tentang beliau secara khusus.
Tentu bukan tiba-tiba bila saya ingin menulis tentang beliau. Karena beliau adalah salah satu dosen yang paling berkesan bagiku. Beliau sebenarnya dosen linguistic, akan tetapi karena beliau pandai dalam berwirausaha akhirnya tahun ini dia mengajar kewirausahaan . yah beliau mengajar di kelas kami yaitu  kelas 1/A prodi bahasa sastra Indonesia dan daerah. Iya,,,siapa yang tidak kenal denganya, minggu pertama menjadi mahasiswa sunguh sangat luar biasa sekali senangnya. Karena bertemu dengan dosen-dosen yang sangat luar biasa. Salah satunya yaitu ibu ratnah. Hari pertama mata kuliah beliau itu sangat mengesankan, dia memperkenalkan dirinya. Dan cara dia memperkenalkan dirinya sungguh jauh berbeda dari dosen-dosen lainya.
               Hari pertama kami dalam mata kuliah beliau di isi dengan berbagai motivasi dan nasehat yang di berikan oleh beliau. Nasehatnya dan kata motivasinya sungguh membuat hati kami tenang dan menyadari serta merenungkan  semua kesalahan yang kami perbuat. Kami menyadari bahwa teramat sangat berharga sekali waktu. Kami merenungkan kesalahan kami kepada orang tua kami, kami menyadari betapa besar tanggung jawab kami kepada orang tua kami, dan kami mendapat sebuah pelajaran bahwa jika ingin memulai dan melakukan sesuatu itu lakukanlah dengan sungguh-sungguh. Beliau mengatakan bahwa kepercayaan,kesabaran dan sedekah adalah jalan untuk terbukanya pintu rezeki bagi kita.
           Minggu demi minggupun kami mengikuti mata kuliah beliau. Sungguh rasanya senang sekali jikalau aku melihatnya. Karena, terasa nyaman. Jika aku melihatnya maka aku akan bisa melihat dan merasakan bahwa ibuku yang berada di bima saat ini berada di sampingku, menemaniku di dalam ruang kelas. Itulah yang kurasakan saat beliau mengajarku sehingga membuatku semangat. Setiap pertemuan pada hari juma’at malam, setelah mengajar beliau selalu menyempatkan untuk menasehati kami dan member kami motivasi-motivasi yang sangat dahsyat dan luar biasa. Dengat kata-katanya yang puitis, santun dan lembut membuat aku terkesima dan terkesan hingga dalam hatiku berkata “sungguh luar biasa bu ratna, jelas saja usahanya bagus,caranya bertuturpun sunggu menakjubkan bisa menyihir siapa saja yang mendengrnya”.
           Hampir semua teman-temanku di kelas menyanjung kepribdian bu ratna. Tapi yang membuat kami sedikit malu sama beliau yaitu kami pernah melakukan kesalahan yang fatal, yah wajar saja beliau marah dan keluar dari kelas kami,tapi kami sungguh tidak sengaja melakukanya. Hingga suatu hari kami melihat bu ratna turun dari tangga di kampus kami, akhirnya ketua tingkat kami mewakili kami untuk meminta maaf kepada beliau dan akhirnya beliau memaafkan kami. Sungguh waktu itu kami piker kami tidak akan di maafkan.tapi ternyata kami di maafkannya.sunggu baik dosen ini yah ibu ratna.siapa yang tidak kenal dengan beliau.
         Kemarin adalah hari terakhir kami bertatap muka di ruangan kelas dalam mata kuliah kewirausahaan karena sebentar lagi kami akan mengikuti ujian akhir semester. Sungguh sedih rasanya. Beliau mengucapkan kata – kata terakhir perpisahan kepada kami dan tak lupa dia menyempatkan untuk sedikit memberikan nasehat dan motifasi kepada kami. Sungguh kata-katanya sangat luar biasa santunya dan bagus sepert berlian. Kata-kata bu ratna sungguh seperti emas dan berlian saking bagus dan indahnya untuk di dengar karena, Tak pernah beliau mengeluarkan kata kasarnya kepada kami,skalipun beliau marah. Dan yang membuat kami bahagia, khususnya saya pribadi yaitu dia mengatakan kepada kami “ sampai ketemu lagi nanti tapi di mata kuliah yang berbeda yaitu mofologi dan sintaksis.
         Dia memang sungguh pendidik yang benar-benar pendidik bagi kami. Dia tidak hanya sekedar mengajar akan tetapi dia juga  Berbagi pengalamannya karena pengalaman merupakan hal yang sangat penting dan bermanfaat, terutama untuk kami yang akan melanjutkan tonggak pembangunan bangsa dan notabenya menjadi seoarng guru”. “Melihat ke depan itu bagus, akan tetapi belajar dari pengalaman hidup orang-orang yang telah sukses juga perlu dan sangat di butuhkan. Terakhir, beliau adalah  Sosok inspiratif, teladan, dan menyenangkan.. Hal yg paling berkesan bagi saya, beliau salah satu sosok yg super sibuk namun mampu membagi dan menjalankan tiap pekerjaannya dengan baik dan seimbang. Bukan hanya itu, satu yang paling saya ingat adalah ketika beliu mengatakan bahwa beliau siap menluangkan waktu untuk menerima siapa saja yang ingin berkonsultasi atau apa saja tentang suatu permasalahan.Sungguh pribadi yang penuh optimisme dan mengajarkan pada kita semangat untuk berani bermimpi besar. Beliau juga sosok pengajar yang peduli akan kreativitas pemuda terutama dalam berwirausaha. Bu ratna  bukan saja harum namanya sebagai seorang  dosen tetapi juga, sebagai motivator dan pewirausaha.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar